Samudera Kehidupan

Samudera Kehidupan
"Laa ilaaha illallah Muhammadur rasuulullaah"

Selasa, 13 Desember 2011

“Sang Petualang Pencari Cinta & Keridhaan Allah”


Alhamdulillahi Rabbil'alamin, limpahan puji kehadirat Allah SWT Tuhan Alam Smesta Yang Maha Tunggal, Maha Dekat, Maha Kekal, Maha Menguasai, Maha Merajai, Maha Menciptakan Alam Smesta dgn sgala isi'y, k'indahan & tanda" k'besarn-Nya.

Jiwa ku adlh jiwa sang petualang yg senang brpetualang k'mana saja alam m'manggil jiwa ku, terutama k'tempat-tempat pemandangan alam yg indah, yg m'nunjukan & m'mbuktikan Kebesaran Allah. Disana, ktika Allah m'nampakan d'hadapan pandangan mataku tanda" Kebesaran-Nya. Bibir ini hanya mampu m'ngucapkan Allahu Akbar, Subhanallahi Wabihamdih, Laa ilaaha illallah.

Dan hati ini pun berkata, "Ya Allah Engkau Yang Maha Indah, Yang Menciptakan smua ke Indahan ini dgn ke Kuasaan & ke Besaran-Mu". Sungguh stiap kali Allah m'mperlihatkan tanda" ke Kuasaan & ke Besaran-Nya, ke Imanan ku smakin brtambah. Aku m'rasakan betapa dekat'y diri ku dgn Sang Pencipta, betapa kecil & lemah'y aku d'hadapan-Nya.

Tidak hanya k'tempat-tempat itu saja. K'daerah prkampungan/pedesaan aku pun suka m'nginjakan kaki d'sana, karena alam'y yg masih suci, udara'y yg segar, pohon" rindang yg m'nyejukan & penduduk'y yg ramah. Mereka yg tinggal d'desa hidup'y penuh dgn k'sederhanaan tapi mereka tetap brsabar & brsyukur pada Ilahi atas Anugerah yg d'berikan. Hidup mereka begitu tenang, damai & bahagia m'nyatu brsama dgn alam.

Keceriaan slalu m'nghiasi wajah mereka & senyuman'y yg ikhlas slalu m'nyambut ku dgn k'ramahan mereka d'sepanjang kaki ini m'langkah. Dari sanalah, dari mereka orang" desa & dari alam aku banyak m'ndapat pelajaran (brguru pd makhluk Tuhan yg kata'y tak brakal). Pelajaran tentang ilmu ikhlas, ilmu sabar & slalu brsyukur kepada Allah yg telah m'ncukupi sgala k'butuhan & k'inginan mereka. Selain itu aku juga dapat m'mahami arti/makna hidup & k'hidupan didunia ini, hidup bukan hanya untuk hidup tapi untuk k'hidupan.

Hati ku adalh Hati yg m'ncari Cinta, Cinta yg Abadi yaitu Cinta kepada Allah d'dalam k'indahan K'ridhaan-Nya. Walaupun begitu banyak rintangan yg m'nghalangi langkah ku, tapi aku coba untuk terus m'langkah s'mampu ku. Terkadang aku trjebak dalam perbuatan dosa karena k'lemahan ku & aku tak pernah brputus asa atas k'lemahan ku untuk brtaubat & brdoa agar Allah m'mberikan aku k'kuatan untuk m'njauhkan diri ku dari perbuatan dosa. Aku tau Allah Maha Mendengar, Maha Kuat & Maha Pengampun.

Aku ingat nasehat dari guru ku, "Jangan pernah bosan untuk brtaubat karena banyak m'lakukan dosa, tapi bosanlah m'lakukan dosa karena banyak brtaubat". Dan jika se"orang brbuat dosa lalu d'dalam fikiran'y trlintas kata-kata, "jika engkau brtaubat s'karang & besok kembali m'lakukan dosa maka Allah tidak akan m'nerima taubat mu & tidak akan m'ngampuni mu lagi. Ketahuilah itu adalh bisikan syaitan, Allah tidak seperti itu. Allah Maha Pengampun & Allah tidak pernah bosan"nya untuk mengampuni dosa hamba"-Nya.

Allah m'nyuruh kita untuk banyak" bristighfar (mhn ampun) kepada-Nya, karena Allah Maha Tau k'lemahan hamba-Nya yg tak prnah luput dari dosa. Bahkan Rasulullah SAW bristighfar s'banyak 70x dlm s'hari, dan Rasulullah SAW brsabda : "Barang siapa yg m'mbaca SUBHANALLAHI WABIHAMDIH 100x pada hari'y, maka brjatuhanlah dosa"nya walau sebanyak buih d'lautan" (Shahih Bukhari).

S'telah aku m'nyelesaikan kuliah ku. Aku mulai m'mbenahi diri ku, akhlaq & adab ku. Mulai m'mperhatikan stiap k'lakuan ku, apakah yg tlah aku lakukan Allah ridha ?. D'dunia nyata aku mulai m'ninggalkan dunia malam ku, yg dulu'y aku sering m'nghabiskan malam" ku dgn brkumpul (nongkrong) brsama teman" ku hingga waktu Tahajjud. Kini ku ganti dgn m'nghabiskan waktu malam" ku untuk m'ndekatkan diri kepada Yang Maha Dekat & melewati malam brsama Yang Maha Lembut d'dalam dekapan Lembut Kasih Sayang-Nya yg m'nghangatkan sanubari ku di dingin'y malam. Bibir & hati ku terus brgetar m'nyebut nama Allah, hingga aku Tenggelam d'dalam k'lezatan dzikir m'nyebut nama Allah (Ya Allahu Ya Allah…, Ya Allahu Ya Allah…, Ya Allahu Ya Allah…) dan smakin Hanyut d'dalam K'indahan Cinta kepada Yang Maha Mencintai yg m'mbagi-bagikan Anugerah Cinta-Nya kepada hamba-Nya yg d'kehendaki.

D'dunia maya, aku mulai m'ngganti status ku dgn yg lebih brmanfaat untuk ku & untuk teman" ku bahkan untuk sluruh kaum muslimin & muslimat d'barat & d'timur dgn m'ndoakan mereka. Serta ku coba untuk m'ngamalkan & saling brbagi ilmu yg ku dapat dari Guru" ku, Ayahanda, Bunda & Nenek ku dgn harapan Allah ridha dgn Face Book ku (apa yg ku lakukan d'dunia maya). Walaupun aku sadari koment ku d'status teman" ku ada yg kurang baik, tapi itu semata" hanya untuk brcanda agar tidak trlalu serius & smakin akrab dgn mereka.

Aku terus m'ncoba untuk m'mperbaiki smua itu sebagai bukti & lambang atas bakti ku pada Ayah, Bunda & Nenek serta Guru" ku, dan bakti ku pada mereka karena bakti ku pada Sayyidina Muhammad SAW, dan bakti ku pada Sayyidina Muhammad SAW karena bakti ku pada Allah SWT. Dan smua itu terarah d'dalam menuju langkah ku m'nggapai Cinta & K'ridhaan Allah, brusaha s'mampu ku untuk m'njadi s'orang hamba yg M'ncintai & D'cintai Allah d'bawah k'indahan curahan Anugerah K'ridhaan-Nya d'sepanjang nafas & hari" ku yg tersisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar