Samudera Kehidupan

Samudera Kehidupan
"Laa ilaaha illallah Muhammadur rasuulullaah"

Senin, 13 Februari 2012

"Kewajiban Manusia Terhadap Allah SWT" dan "Kewajiban Allah SWT Terhadap Manusia"

Diriwayatkan dari Muaz bin Jabal r.a katanya: Pernah aku mengikuti Nabi SAW dalam satu perjalanan di mana aku berada di belakang Nabi SAW. Nabi SAW memanggil: "Wahai Muaz bin Jabal !" aku terus menjawab: "Telah ku terima panggilanmu itu wahai Rasulullah SAW." Kami meneruskan lagi perjalanan. Kemudian Nabi SAW memanggil lagi (dengan panggilan yang sama & Muaz pun menjawab dengan jawaban yang sama hingga 3x). kemudian Nabi SAW bersabda: "Tahukah kamu kewajiban manusia terhadap Allah SWT ?" aku menjawab: "Allah dan Rasul-Nyalah yang lebih mengetahui." Nabi SAW bersabda: "Kewajiban manusia terhadap Allah ialah dengan mengabdikan diri kepada-Nya tanpa menyekutukan-Nya." Kami meneruskan lagi perjalanan beberapa ketika kemudian Nabi SAW memanggil lagi: "Wahai Muaz bin Jabal !" aku terus menjawab: "Telah ku terima panggilanmu itu wahai Rasulullah SAW." Rasulullah SAW bersabda: "Tahukah engkau apakah kewajiban Allah SWT terhadap manusia apabila mereka melakukan perkara-perkara yang aku nyatakan di atas ?" aku (Muaz) menjawab: "Allah dan Rasul-Nyalah yang lebih mengetahui." Akhirnya Nabi SAW bersabda: "Allah tidak akan menyiksa mereka."

(Shahih Bukhari Muslim)

1 komentar:

  1. apa memang ada istilah 'kewajiban' Allah Ta'ala? saya kira yang punyak hak 'kewajiban' itu hanya milik manusia saja, Allah Ta'ala ya Maha segalanya tak perlu dituntut punya kewajiban-Nya/

    BalasHapus