Samudera Kehidupan

Samudera Kehidupan
"Laa ilaaha illallah Muhammadur rasuulullaah"

Senin, 28 November 2011

"Mat Jengger (Suara Hati)"



Siang itu (sabtu, 19/02/2011) aku mendapatkan kabar dari Pak Maksum salah seorang pedagang Ayam Pelung di Cianjur yg trgabung dlm HIPPAPI (HImpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung Indonesia) tempat aku membeli Ayam Pelung, bahwa besok (minggu, 20/02/2011) HIPPAPI akan mengadakan Kontes Ayam Pelung di Salabintana (Sukabumi, Jabar) pukul 09.00 wib.

Karena keinginan hati ini yg begitu besar hingga aku tak mampu menahan'y. Lalu ku putuskan untuk brangkat ke Sukabumi nanti malam pukul 01.00 wib, agar tiba di Sukabumi pagi sbelum jam 09.00 wib. Alhamdulillah, aku brangkat ke Sukabumi tidak sendirian ditemani oleh misanan (sodara sepupu) & teman ku yg penasaran dgn suasana Kontes Ayam Pelung. Kami brangkat bertiga dengan menggunakan sepedah motor.

Ba'da Isya ktika aku ingin brangkat ke Majelis Rasulullah SAW, fikiran ini bimbang karena nanti malam jam 01.00 wib aku harus brangkat ke Sukabumi sedangkan diri ini belum istirahat (tidur) dari pagi sampai saat ini. Aku ingin istirahat (tidur) tapi aku tidak bisa meninggalkan Majelis ku disetiap malam minggu. Ku putuskan untuk tetap hadir di Majelis Rasulullah SAW, pukul 23.00 Majelis slesai dan 45 menit kemudian aku tiba dirumah.


Pukul 24.30 wib teman ku tiba dirumah ku kemudian kami bersiap-siap, tepat pukul 01.00 wib kami berangkat ke Sukabumi tapi kami mampir dulu dirumah misanan ku untuk menjemput'y. Kami membawa kendaraan dengan santai karena jalan yg sepi, kami melewati Depok, Jalan Raya Bogor, Bogor, Jalan Raya Sukabumi & Sukabumi. Pukul 03.00 wib beberapa kilometer memasuki Jalan Raya Sukabumi kami beristirahat disalah 1 pom bensin.

Ternyata petugas keamanan pom bensin tersebut pernah memiliki pengalaman memelihara Ayam Pelung slama 4 th, tapi kini beliau sudah tidak bermain di Pelung lagi (istilah pehobi ayam) beralih memelihara Ayam Bangkok (aduan). Banyak Ilmu tentang Ayam Pelung & Ayam Bangkok yg ku dapatkan dari beliau. Karena keasikan ngobrol tak terasa adzan subuh sudah berkumandang, kami shalat subuh lalu meneruskan perjalanan takut kesiangan sampai ditujuan.



Pukul 05.30 wib kami tiba di Cicurug kemudian sarapan pagi stelah itu kami pun melanjutkan perjalanan. Alhamdulillah, pukul 07.30 wib kami tiba di Salabintana (Sukabumi) dengan selamat & lancar tidak ada halangan slama diperjalanan. Pukul 09.00 wib aku daftarkan Mat Jengger menjadi salah satu Kontestan Ayam Pelung. Ketika mendaftar ditanya oleh panitia siapa nama Ayam'y ?, awal'y Ayam Pelung ini, ku beri nama "Suara Hati" tapi ktika ditanya oleh panitia hati ku menginginkan untuk mengganti nama Ayam Pelung ini menjadi "Mat Jengger". Mat Jengger mendapatkan nomor urut/kurung 111, pukul 10.00 wib Kontes Ayam Pelung pun dimulai & Mat Jengger menjadi Kontestan gelombang ke-2.


Ketika berada diatas panggung Mat Jengger terus melontarkan suara merdu'y hingga menarik perhatian 3 orang juri, tak terasa 30 menit berlalu cukup sudah Mat Jengger menunjukkan Potensi'y. Pukul 15.00 wib pembagian doorprize, satu-persatu nomor kurung dipanggil untuk mendapatkan doorprize. Aku berdoa agar nomor kurung Mat Jengger 111 dipanggil, tak lama kemudian Allah SWT mengabulkan do'a ku. Aku kaget campur senang sambil berkata kepada sodara ku "itu nomor Mat Jengger".


Ku berlari menuju panggung sambil melambaikan tangan karena MC trus memanggil nomor 111. Sampai diatas panggung MC bertanya, dari mana A' ? ku jawab dengan lantang sambil tersenyum dihadapan para peserta Kontes Ayam Pelung, "dari Jakarta". Bahagia rasa'y karena bisa membawa nama tanah kelahiran/asal ku di Provinsi Jawa Barat, sebab para peserta Kontes Ayam Pelung mayoritas dari Jawa Barat & mungkin akulah satu"nya pemilik Ayam Pelung yg termuda.

Ku tinggalkan panggung dengan rasa senang paling indah sambil membawa hadiah doorprize (jam dinding) sebagai kenang"an dari HIPPAPI. Ditengah perjalanan ku ditegur oleh salah seorang pemilik Ayam Pelung yg ikut Kontes, dari Jakarta ?, ku jawab, iye bang ! lalu ia berkata, kita juga dari Jakarta (dr ujung aspal, Pondok Gede) kita punya semacam perkumpulan untuk para pehobi ayam pelung & kita juga sering mengadakan kontes disana. Ku bilang : oh gitu, boleh saya ikut gabung bang ? ia bilang, boleh… boleh… nanti tgl 6 maret 2011 kita akan mengadakan kontes diujung aspal, Pondok Gede. Kemudian kami tukeran nomor HP untuk mempermudah komunikasi/bertukar informasi.

Selesai pembagian doorprize, pengumuman Ayam Pelung yg masuk final. Sayang sekali Mat Jengger tidak masuk final tapi aku sudah cukup bahagia & bersyukur karena bisa ikut meramaikan & membawa nama Jakarta pada Kontes Ayam Pelung yg diadakan oleh HIPPAPI. Lalu pukul 16.00 wib kami tinggalkan arena Kontes untuk kembali ke Jakarta, pulang'y kami lewat Cianjur & sempat mampir ditempat'y Pak Maksum (tmpt aku membeli Mat Jengger) kami bertemu dengan beliau & beliau memberikan masukan agar Mat Jengger bisa lebih baik lagi dalam segi suara, berat badan & penampilan.

2 komentar:

  1. http://hippapi-jakarta.blogspot.com/p/blog-page_4831.html
    Para penghobi Ayam Pelung domisili Jakarta silahkan merapat ke sekretariat Hippapi Jakarta

    BalasHapus